Hal Yang Sering Diabaikan Saat Menyembuhkan Jerawat

Siapa yang tidak tahu tentang Jerawat??  Pasti hanya Bayi yang baru lahir yang tidak tahu tentang bisul mini yang biasa tumbuh di wajah terutama para remaja. Kenapa remaja rentan terkena jerawat?  Jawabannya... karena pada saat remaja.. hormon dalam tubuh masih belum stabil. Tapi tenang sajaa.. tapi tenang saja. Pada umumnya jerawat akan semakin jinak seiring bertambahnya usia kamu.

Sebelum membahas Hal Dasar Yang Harus Diketahui Sebelum Mengatasi Jerawat, kita harus tahu definisi dari jerawat dan jenis-jenisnya, saya kan menjelaskan secara singkat:

Pengertian Jerawat:
 
adalah suatu keadaan di mana pori-pori kulit tersumbat sehingga menimbulkan kantung nanah yang meradang. 
Pori-pori bisa tersumbat dikarenakan kotoran dari polusi, dan debu saat kalian beraktifitas dan tidak segera mencuci wajah dengan benar-benar bersih dengan menggunakan sabun khusus wajah atau sabun yang cocok untuk wajah kamu.

Jenis-Jenis Jerawat

1. Komedo. 
Ciri-Ciri: Blackhead, terlihat seperti pori-pori yang menghitam dan membesar. Whitehead, bentuknya seperti tonjolan putih kecil.
Penyebab: Jerawat ini disebabkan oleh sel-sel kulit mati dan sekresi kelenjar minyak yang berlebihan pada kulit.

2. Jerawat Biasa:
Ciri-ciri: tonjolan kecil berwarna pink atau kemerahan
Penyebab: Terjadi karena pori-pori yang tersumbat terinfeksi oleh bakteri jenis propionibacterium acne. Stres, hormon dan udara yang lembap, dapat memperbesar kemungkinan terbentuknya jerawat.

3. Jerawat Batu:
Ciri-ciri: Jerawat yang besar-besar, dengan peradangan hebat, berkumpul diseluruh muka
Penyebab: Kelenjar minyak yang over aktif yang membanjiri pori-pori dengan kelenjar minyak, Pertumbuhan sel-sel kulit yang tidak normal yang tidak bisa beregenerasi secepat kulit normal, Memiliki respon yang berlebihan terhadap peradangan sehingga meninggalkan bekas di kulit

Penyebab umum Jerawat:

Produksi minyak berlebihan: 
hindari memakai sabun wajah yang membuat wajahmu sangat kering. Karena saat wajahmu terlalu kering, maka mereka akan beranggapan bahwa mereka sedang mengalami dehidrasi, sehingga mereka mengeluarkan minyak berlebih.

Sel-sel kulit mati: 
pakailah sabun dengan scrub lembut, sehingga dapat membantumu mengangkat sel kulit mati tersebut.

Bakteri: 
pastikan tidak menempelkan benda-benda yang berpotensi memiliki banyak bakteri seperti ponse, remote tv, bolpoint dsb. Cucilah tanganmu sebelum menyentuh wajah.


Kosmetik: 
segeralah mencuci wajah setelah seluruh acara yang memerlukan make up selesai. Wajah yang terlalu lama tertutup make up akan menyebabkan jerawat karena pori-pori tersumbat

Obat-Obatan:
Konsumsi obat kortikosteroid, baik oral (obat minum) maupun topical (obat oles), yang mengakibatkan daya tahan tubuh menurun, juga meningkatkan potensi timbulnya jerawat karena aktivitas bakteri patogen yang meningkat..

Stres: 
sebenarnya, stres tidak secara langsung menyebabkan jerawat. Masalahnya, ada hormon tertentu yang keluar saat seseorang stres, yang memungkinkan tumbuhnya jerawat. Tak hanya itu, stres membuat orang tersebut mempunyai pola makan yang cenderung banyak mengkonsumsi makanan manis dan berlemak, sebagai "pelarian" dari stres.

Baiklah mari kita masuk kedalam isi pembicaraan kita:

1. Membersihkan Wajah Secara Teratur. 
Ini memang tips yang klasik, tapi memang ini adalah hal yang paling penting. Ada beberapa hal lain yang perlu kamu ketahui tentang mencuci wajah:
  • Wanita boleh menggunakan sabun Khusus prisa begitu juga sebaliknya. Tak perlu khawatir, saya wanita dan saya menggunakan sabun wajah dengan brand “Garnier Man Acne Fight”
  • Pakailah sabn wajah yang mengandung scrub. Karena baerguna untuk mengangkat sel kulit mati, namun jangan terlalu keras dalam menggosoknya karena kan menyebabkan wajah terluka. Sesuaikan saja gerakan tanganmu dengan kenyamanan wajahmu.
  • Pakailah Milk Cleanser dan toner sebelum tidur dan sesudah bermake up. Setelah itu barulah cuci wajahmu dengan air dan sabun. Agar saat tidur wajahmu benar-benar bersih dari apapun.
2. Pakailah Cream Malam/Night Cream
Fungsi cream malam:
  • Selain dengan sabun berscrub pakailah Cream Malam untuk menunjang terkelupasnya sel kulit mati di wajah.
  • Selain untuk mengangkat sel kulit mati. Cream malam juga berfungsi untuk mengurangi kadar minyak di wajah.
  • Menghilangkan bekas jerawat dan mencerahkan wajah.
Kamu bisa mendapatkan di toko kosmetik yang kamu percaya. Atau ke salon kecantikan. Pastikan cream tersebut mengandung bahan yang ringan sehingga tidak menimbulkan efek belang antara wajah dan leher.

3. Jangan Mengkonsumsi Vitamine E.
Kita pasti sering melihat iklan di tv mengenai suplemen kulit yang kaya akan vitamine E. Vitamine E memang baik untuk wajah. Namun tidak saat kamu sedang berjerawat. Karena efek dari vitamine E adalah meningkatkan hormon yang efek hormon tersebut dapat menimbulkan jerawat. Maaka solusinya adalah. Ganti sementara vitamin E dengan Vitamin C. 

4. Gunakan Salep Jerawat. 
Jika kalian menganggap memakai sabun wajah saja sudah cukup. Maka kalian salah. Sabun hanya membersihkan kotoran yang ada dipermukaan wajah. Sedangkan bakteri jerawat berapa dibawah kulit. Sekalipun sabun wajah tersebut mengandung vitamine. Vitamine itu pun juga akan luntur saat kamu membilas wajah dengaan air. 

Berbeda jika kalian benar-benar menggunakan obat/salep untuk menyembuhkan jerawat. Salep itu akan berada lamaa pada jerawat kamu, karena kamu mengoleskannya saat akan tidur atau diwaktu santai. dan kandungan yang terdapat pada salep jerawat memang dikususkan untuk membunuh bakter?dan kuman dibawah kulit yang menyebabkan jerawat.

5. Makanan. 
Hindari makanan yang menyebabkan alergi. Padaa umumnya: segala makanan yang mengandung ayam, telur, udang dan jenis ikan lainnya. Namun kalian juga harus memperhatikan lebih teliti lagi. Terkadang akanan yang tidak disangka-sangka pun bisa menyebabkan jerawat. 
Contohnya saya. saya akan berjerawat saat setelah saya mengkonsumsi kopi. 

6. Tidur yang cukup
Ini terlihat sepele. Namun benar-benar sangat mempengaruhi. Cobalah tidur lebih awal dari biasanya. Jangan lupa selesaikan kewajiban dan tugas sekolah/kerja kamu sebelum tidur, dan jangan lupa mencuci wajah. Janan lupa juga untuk rutin mencuci dan mengganti sarung bantal dan guling kamu.


Istavita Utama
Istavita Utama

Gadis pemalas yang otaknya dipenuhi oleh film, music, dan menulis.

No comments:

Post a Comment