Cara Terbaik Minum Obat yang Jarang diketahui.

Meminum Obat adalah kegiatan yang pasti pernah kita lakukan dalam hidup kita. Bagi anak kecil, obat bisa jadi sebuah hal yang yang sangat tidak menyenangkan. Bagaimaana tidak. Obat pasti terasa pahit meskipun telah dicampur dengan perasa buah. Apalagi jika obat tersebut berupa tablet/pil. 

Tahukan anda? Rasa pahit yang terdapat pada pil disebabkan oleh bahan yang digunakan agar obat tersebut dapat cepat larut dalam perut. Itulah sebabnya obat berupa tablet pasti lebih pahit dari pada yang berupa syrup.

Beberapa orang terkadang belum mengerti cara yang tepat dalam mengkonsumsi obat. Maka dari itu saya akan memberikan anda cara meminum obat yang tepat:

1. Makan Terlebih dahulu.

Sebelum minum obat usahakan untuk memakan sesuatu, TERUTAMA saat akan meminum obat 'Penghilang Rasa Nyeri' khususnya yang mengandung "Asamefenamat" atau "Mefenamic Acid". Karna obat yang mengandung bahan tersebut dapat menaikan asam lambung dan juga bisa menyebabkan maag.


Anda pasti bertanya,  tentang iklan obat yang katanya 'boleh diminum kapan saja". Yap.. obat tersebut biasanya menggunakan “Paracetamol” sebagai penghilang nyeri..
Paracetamol adalah obat yaang mempunyai fungsi untuk menghilangkan nyeri dan menurunkan demaam.

2. Mengunyah Obat

Iya, saya juga tahu bahhwa obat pasti pahit. Seperti yang saya katakan diawal paragraf, Rasa pahit yang terdapat pada pil disebabkan oleh bahan yang digunakan agar obat tersebut dapat cepat larut dalam perut .

Lalu, untuk apa mengunyahnya?

Ada beberapa obat yang memang sulit dicerna. Seperti obat maag dan kalsium.obat tersebut harus dihancurkan terlebih dahulu sebelum masuk kedalam lambung. Karena proses pencernaan obat tersebut membutuhkan waktu lebih lama dari obat lainnya. Itulah kenapa kita selalu menemukan obat maag dengan rasa mint.

Lalu kenapa semua obat idak dijadikan seperti obat maag agar tidak pahit? Atau obat maag dijadikan seperti obat lain agar mudah diicerna?
Saya tidak bisa menjelaskan hal itu. tentu pada dokter lebih mengetahui yang lebih baik.

Ingat ini sangat penting. Jika anda tidak mengunyahnya maka proses penyembuhan juga akan lama. Begitu juga untuk kalsium. Jangan lupa untuk mengunyahnya. Apalagi bagi anda yang mengkonsumsi kalsium rutin setiap hari. Jika tidak dikunyah maka kalsium akan menumpuk dalam lambung dan mungkin bisa berakibat buruk bagi tubuh.

Ini tidak berlaku bagi obat yaang berbentuk syrup


3. Jangka Waktu.

Saat anda diberi obat oleh dokter atau membeli obat di apotek. Mereka akan memberi jadwal untuk meminumnya. Selain itu, jangan lupa dengan tanggal kadaluarsanya. Anda harus benar-benar mengecek tanggal tersebut.


Anda pasti tahu mengenai obat syrup Antibiotik. Biasanya diberikan pada anak-anak yang terserang radang tenggorokan. Ingat. Syrup kering antibiotik yang sudah diberi air tidak bisa disimpan dalam jangka waktu yang lama. Jangka waktunya biasanya hanya 7 hari. Hal ini jarang sekali diketahui oleh orang awam. Bahkan ada yang menyimpannya dalam lemari Es sampai berminggu-minggu dan berpikir bisa digunakan kaapaan saja sampai tanggal batas tanggal kadaluarsa. 

Tapi berbeda dengan syrup kering antibiotik. Kadaluarsanya 7 hari dimulai dari dicampurnya syrup tersebut dengan air. Anda pun bisa keterangan pemakaiannya di label botol tersebut . Keterangan yang lebih lanjut bisa anda tanyakan pada apoteker tersebut.

4. Jangan Minum Obat dengan Susu.

Setiap orang pasti mempunyai cara sendiri untuk minum obat. Ada yang perlu digerus,  ada yang memakannya dengan pisang,  ada yang bisanya dengan makan atau dengan air minum. Cara tersebut diperbolehkan.. tapi yang harus diperhatikan adalah 'apa yang kita gunakan'. Jangan sembarangan minum atau makan sesuatu untuk minum obat.

Kenapa tidak boleh minum obat dengan susu?  Karena susu bisa mengurangi efek dari obat yang kita minum.

5. Perhatikan Alergi anda.
Perlu anda tahu.. tidak semua orang cocok dengan semua obat. Contohnya ibu saya,  beliau alergi dengan obat yang mengandung "paracetamol". Jadi setiap kali minum paracetamol mata dan wajahnya langsung sembab dan bengkak. Dan itu bertahan sampek sekitar 1 hari penuh. Ada juga orang yang alergi obat lalu mengalami gatal-gatal. Maka dari itu anda harus memperhatikan alergi anda. Dan saat akan mengkonsumsi obat yang membuat anda alergi trsebut,  gunakan obat penangkal alergi terlebih terlebih dahulu,  untuk obatnya,  silahkan tanya dan beli di apotik terdekat.


Semoga bermanfaat bagi anda.. 


Tapi ingat. Ketergantungan dengan obat itu tidak baik. Jangan sakit sedikit saja langsung obat. Coba dengan minum air putih atau istirahat sejenak atau gunakan minyak kayu putih atau vics inhaler atau balsem terlebih dahulu, atau yang lainnya kalau benar-benar tidak bisa.. baru anda bisa memilih meminum obat.  :-)
Istavita Utama
Istavita Utama

Gadis pemalas yang otaknya dipenuhi oleh film, music, dan menulis.

No comments:

Post a Comment