Wednesday, August 13, 2014

Cara Mudah Agar Aquarium Tidak Gampang Kotor

Hasil gambar untuk aquarium
Apakah anda pecinta ikan hias?
Anda baru saja memiliki Aquarium?
Anda telah membilih artikel yang tepat. Karena saya akan memberikan tips agar aquarium anda bisa bersih lebih lama dari biasanya.

Umumnnya orang memiliki aquarium untuk memperindah rumah meeka. Rumah dengan hiasan aquarium memang lebih segar dan terlihat lebih artistik. Namun aquarium suatu saat pasti akan kotor juga, karena didalam aquarium berisikan mahluk hidup namun anda tidak menyediakan kamar mandi. Itu adalah konsequensi bagi siapapun pemilik aquarium. 

Semangat untuk membersihkan aquarium saya yakin hanya di kali pertama. Di kesempatan selanjutnya, anda pasti sudah mulai malas. Laalu bgaimana dengan aquarium yang dalam sebulan saja sudah kotor? Itu pasti sangat merepotkan. Apalagi jika ikan yang terdapat dalam aquarium berjumlah 6 hingga 12 ikan dan ditambah satu ikan besar. Pasti sangat indad dan mudah kotor.
Saya pun mempunyai aquarium dirumah saya, saya akan memberikan tips untuk anda agar aquarium bisa bersih lebih dari sebulan bahkan dua bulan lamanya:
1. Pasang Alat Filter
Hasil gambar untuk aquarium filter



















Maaf karena saya memberikan tips yang mainstream di bagian pertama. Ini dikarenakan alat filter memang wajib dimiliki dan pasti disarankan oleh toko penjual aquarium yang anda kunjungi. Pastikan anda memberi gabus yang yang dapat menyaring kotoran dan meletakkannya didalam kotak filter. Tanyakan pada sang penjual tentang gabus tersebut.


2. Memberi Ikan Pemakan Lumut/Pembersih Kaca
Cara ini bisa mengurangi bahkan membersihkan hampir seluruh lumut-lumut yang ada di aquarium anda. Cara ini bisa mengurangi bahkan membersihkan hampir seluruh lumut-lumut yang ada di aquarium anda. Kalau disaerah saya disebutnya ikan “cakaramut”. Ikan tersebut hanya makan lumut saja. Namun saya juga pernah melihat ikan tersebut memakan makanan ikan yang saya tuangkan. Anda cukup memberi 1 ikan saja, atau kalau bisa 2, agar dia tidak merasa kesepian karena tidak memiliki teman dengan jenis yang sama.


3. Batu Hiasan Aquarium
Sebenarnya ini lebih kearah menyembunyikan kotoran ikan. Karena untuk masalah lumut di kaca, sudah diatas dengan ikan cakaramut. Untuk kejernihan air sudah diatur oleh alat filter. Sedangkan kotoran tidak bisa bersih begitu saja. Terkadang alat filterpun tidak bisa menyedot kororan ikan. Maka dari itu batu hias salah satu benda yang saya sarankan untuk diletakan di dalam aquarium anda. Ataau jika anda ingin yaang lebih indah lagi, anda bisa memberi pasir khussus aquarium dan tanaman air. Anda bisa menanyakannya pada sang penjual aquarium.

4. Areng
Ada yang tidak thau areng?
Arang biasanya digunakan manusia sebagai bahan penunjang dalam membakar satai.
Lalu apa yang akan kita lakukan dengan areng? Untuk membersihkan aquarium? Apaa tidak membuat aquarium menjadi hitam?

Tentu saja jika anda menggosokan areng pada kaca aquarium, hanya akan mengotorinya. Areng itu berguna untuk membantu alat filter dalam menyaring air kotor. Caraanyaa mudah. Pertama sediakan arang dan susun alat filter seperti ini.

Kita mulai dari lapisan paling bawah. Jaring filter > Gabus Filter > Areng. Areng diletakaan tepat dibawah keluarnnya air kotor dari aquarium. Dengan begitu, air akan melewati areng terlebih dahulu, lalu disaring dengan gabus dan menuju penyaring.

Didalam praktik saya. aquarium bertahan sekitar 2-3 bulan seingat saya. bahkan sepertinya lebih lama lagi. Saya sudah lupa karena sudah lama. Dan tidak pernah menghitung harinya lagi.

Pesan saya, jangan sampai lupa memberi makan ikan-ikan yang ada dalam aquarium. Mereka tidak bisa mencari makan sendiri karena mereka dikurung dalam aquarium. Jadi rawatlah dengan penuh kasih sayang ya. J


EmoticonEmoticon