Saturday, August 30, 2014

Cara Beradaptasi di Tempat Baru!

Hasil gambar untuk packing cloth

Memang suatu hal yang sulit saat berada dilingkungan baru, kita misalkan dengan ‘Kost’. Saya yakin rasa pertama kali tinggal di kost dan rasa pertama kali tinggal di pesantren itu sama. Rasanya gelisah, rindu rumah, rindu keluarga, teman, saudara, tetangga, saudaranya tetangga, tetangganya saudara.. ah pokoknya tiba-tiba kangen dengan semua orang. 

Terkadang sampai berhalusinasi mendengan suara ibu kita dari kejauhan. Hahaha..,
Dan pasti merasa sungkan saat ingin melakukan sesuatu, mau ke kamar mandi menunggu sampai sepi, karenaa malu dan sungkan ketemu orang orang baru karena belum kenal. Terus belum lagi kalau disatu ruang ada orang lain dan mereka sudah akrab sedangkan kamu baru dan tidak kenal siapapun, rasanya seperti dikucilkan, rasanya mereka tidak suka padamu. Percayalah, selama kamu belum melakukan hal yang buruk. Mereka tidak mungkin tidak menyukaimu. Itu hanya perasaanmu saja. 

Kenapa saya bisa tau? Karena saya sering mengalaminya.
Kamu tidak boleh terus seperti itu. mari saya beri tips agar kamu bisa cepat beradaptasi:

1. Sering Keluar
Yang saya maksud disini bukan keluar berpergian, tapi keluar ke lingkungan baru kamu. Misalkan diKost baru, kamu bisa sering nongkrong didepan kamar, atau masak didapur umum, agar kamu terbiasa dengan tempat itu. Rasa gelisah dan tidak kerasan itu sebenarnya karena kamu belum mengenal tempat baru kamu. Dan dengan kamu bereksplorasi di lingkungan barumu itu, kamu jadi bisa bertemu dengan orang-orang dan tersenum padanya untuk menunjukan keramahanmu dan bendera pertemanan pada mereka.

Saya yakin, sebelum anda pindah ke tempat baru ini, anda pasti melakukan survey terlebih dahulu. Mengamati brosur kost, atau rumah yang kamu kontrak saat ini. lingkingan perumahan yang sekarang kamu tempati pastilah yang sudah kamu pikirkan secara matang-matang. Jadi, jangan ragu ya..

2. Mencari Teman
Setelah kamu kenal linkungan kamu, kamu bakal ketemu beberapa orang disitu, dan itu saatnya kamu mencari teman. Hidup dilingkungan baru tanpa teman itu berat, tidak ada yang bisa kamu sajak bicara dan meminta pertolongan.

Tidak perlu banyak. Cukup satu saja. Untuk dijadikan obat kegelisahanmu. Pilih teman yang paling dekat dengan kamarmu atau  tempat tinggalmu. Bisa diawali dengan memberikannya makanan, untuk membuka obrolan basa-basi kalian. Dan jangan lupa untuk langsung meminta nomor telpon. Siapa tau kalian membutuhkan pertolongannya suatu hari nanti. Dan sampaikan hal yang sama padanya.

3. Pikiran
Hal utama yang harus kamu lakukan saat mencoba beradaptasi adalah, menghilangkan pikiran-pikiran negatif dan memikirkan kenangan dirumah dengan keluarga atau yang lain, karna itu akan menjadi faktor utama yang membuat kamu tidak betah di tempat baru kamu. 

Karena sebenarnya tidak kerasan adalah timbul dari pikiran kamu sendiri. Berpikirlah positif, jika tidak ada yang mengajakmu bicara, berpikirlah, mungkin karena mereka tidak tahu harus membicarakan apa denganmu karena kalian baru saja kenal.

4. Ingat Tujuan
Saat kamu ingin pulang, tidak betah, coba kamu ingat apa tujuan kamu berada di tempat baru itu, dan begitu pentingnya tujuan kamu. Saya yakin itu akan mengalahkan perasaan gelisah kamu.

Nah, kalian sudah tau kan tahap tahapnya, tapi yang paling penting JANGAN MEMBUAT MASALAH maka segalanya akan baik-baik saja


EmoticonEmoticon