Friday, December 26, 2014

Hal Penting Yang Harus Diperhatikan Saat Memiliki Aquarium

Setelah saya memposting tentang cara agar aquarium awet bersihnya, kali ini saya akan membahas tentang apasaja yang harus diperhatikan saat memiliki aquarium.

Hal pertama 
yang harus anda tahu, pilihlah ikan yang bersahabat. Karena bagaimanapun ikan juga makhluk hidup, mereka juga bersosialisasi hoho.. karena nih, jika ada salah satu atau beberapa ikan yang nakal, bisa-bisa terjadi pembantaian masal di aquarium anda. Karena saya pernah, karena bosan dengan warna ikan yang Hanya oranye, putih dan abu-abu hitam, akhirnya saya beli ikan kecil-kecil berwarna kuning.
Tidak tahunya keesokan harinya ada ikan yang mati. Awalnya saya tidak mencurigai si ikan kuning itu. tapi setelah saya amati, ternyata sekelompok ikan kuning itu sangat ganas. Seperti segerombolaan gengster. Bagaimana tidak, merekaa tiba-tiba menyerbu salah satu ikan.

Akhirya dengan berat hati ikan itu saya kasih ke tetangga. Demi keselamaatan ikan yang lainnya. Lalu  pernah juga ikan gepeng kecil berwarna abu-abu, wajahnya emang mengerikan sih seperti piranha. Karena saya sudah pernah mengalami pembantaian sejak ada anak baru. Akhirnya saya adakan pengamatan. Saat itu saya beli 2 ikan pembersih kaca, dan 2 ikan gepeng tersebut. Keesokan harinya, pas saya lihat, ikan pembersih kaca yang satunya sekarat. Saya sudah menduga kalau pelakunya adalah anak baru. Tapi ibu saya tidak percaya. Yasudah kita biarin. Besoknya lagi ikan pembersih kacanya itu mati dengan tragis. Dan disusul dengan ikan oranye yang mati dengan badannya seperti bekas gigitan. Beberapa ikan juga terluka. Ekor mereka seperti berdarah dan tidak utuh. Bahkan ada yang sampek ekornya hampir habis dan akhirnya mati. Udah Fix. Pasti ini salah si duo gepeng itu. sebelumnya, adik saya menyalahkan salah satu ikan oranye, katanya dia melihat si oranye membully temannya, pas sudah dikeluarkan, malah terjadi pembantaian mengerikan itu. ternyata memang membutuhkan pengamatan yang teliti!

Hal yang kedua
Anda harus hati-hati memberi makan. Perhatikan ikan anda. Ada yang mulutnya kecil atau tidak? Kalo ada. Tumbuk pakan ikan sampai jadi serbuk. Kalau ada beberapa ikan yang mulutnya cukup untuk menelan makanan. Ya tumbuk sebagian aja utuk si mulut kecil, dan biarin utuh untuk yang mulut besar. Karena kasian kalo makanannya dibiarin utuh, nanti yang kecil tidak bisa makan. Ada beberapa ikan yang kata penjualnya

“yang ini jangan terlalu banyak dikasih makan, nanti mati”. Saya masih belum paham sih maksud dari kalimat itu. apa bisa bisa kita mengatur porsi makannya. Kita sudah memberi secukupnya. Kita juga tidak tahu seserakah apakah ikan tersebut, dan seberapa banyak pakan yang dia makan. Jadi mending tidak usah beli ikan yang model seperti itu. Kemaren saya beli ikan koi yang perutnya buncit itu. dan besoknya mereka berdua mati. Yah mungkin karena obesitas yang seperti mbak penjualnya bilang.

Hal ketiga.
Pastikan anda mempunyai alat oksigen dan penyaring aquarium. Itu penting sekali. Agar aquarium lebih awet bersihnya, masukan ikan pembersih kaca juga, Untuk makan lumut-lumutnya. Masukan ARANG ke dalam alat penyaring. Taruh didalam box tepat dibawah air yang mancur dari aquarium untuk disaring. Tapi ingat, tetap kasih kain penyaringnya dibawah arang. Kasih yang banyak dan rapat.

Nah.. itu dia pengalaman saya.. Selain bisa mempercantik ruangan, juga bisa untuk hiburan anda saat suntuk. Rasanya menyenangkan minum kopi sambil memperhatikan kelakuan ikan-ikan yang lucu. ;-) 


EmoticonEmoticon