Wednesday, October 7, 2015

Barang yang Harus Dibawa Saat Akan Mengungsi dari Bencana

Pada suatu hari saya sedang duduk santai bersama ibu saya. Kita kita membicarakan banyak hal,, sampai pada suatu topik yang membuat saya tidak habis pikir.

“kak kalau terjadi bencana,  apa yang pertama kali kamu ambil?” tanya Ibu.

“yang jelas pasti hp bu, itu penting banget.”

“kalau ibuk yang pertama kali dibawa, bantal dan lipstik.”

“he? Lha kenapa?”

“iya, karena kalau ditempat pengungsian mana enak tidur tidak pakai bantal. Kalau tidak ada lipstik. Wajahnya pasti kelihatan kusam. Ibu tidak mau seperti itu.”

Apa yang dibilang ibu saya benar juga. Kemana-mana yang selalu stay di tas adalah lipstik. Oke memang natural lebih baik. Tapi bukannya tanpa make up sama sekali kan. Lipstik salah satunya. Dengan lipstik kita lebih kelihatan lebih hidup, dan enak dipandang.
Tapi disini saya tidak akan membicarakan tentang lipstik. Saya akan membahas, barang apa saja sih yang akan kalian ambil pertama kali saat bencana datang, entah itu banjir bandang, gempa bumi, atau serangan alien dari planet mars.

Sebagian besar dari kalian pasti akan menyebutkan uang, dompet, surat berharga, atau benda berharga lain yang bisa dijual atau digunakan untuk membeli kebutuhan kalian nanti dipengungsian.

Memang uang penting. Tapi Jangan lupakan benda-benda penunjang yang saya yakin kamu tidak akan bisa beli dan tidak ada yang menjualnya ditempat pengungsian, serta barang yang pada umumnya jarang atau tidak mungkin termasuk kedalam sumbangan untuk para pengungsi bencana. Seperti liptik, bedak, pembalut, bantal dan ponsel. Sumpah. Itu penting banget. mungkin bedak tidak terlalu sih, tapi kalau ada itu lebih baik. Bayangkan kalau kamu sudah berada ditempat pengungsian, tempat yang ramai, banyak orang dan bisa dibilang tidak terlalu bersih. Please, disana banyak orang, dan pandangan tentang kebersiahan pasti berbeda-beda.

Nah, setelah dengan keadaan seperti itu, saya yakin dengan adanya lipstik dan bedak, perasaan kamu akan lebih segar. Saya yakin.

Pembalut. Ini juga sangat penting girls, bayangkan kalau kamu tiba-tiba lagi datang bulan. Dan keadaan tidak memungkinkan untuk membeli pembalut??? Mau pakai kain, kain apaa??? Kita pasti bawa baju seadanya. Mana mungkin bisa kita relakan untuk pengganti pembalut. Iya kalau bencananya diserang alien, dan posisi kalian lagi ditempat persembunyian dekat kota. Kalian bisa menyelinap diam-diam masuk ke supermarket yang kosong dan mengambil pemalut sesuka hati dengan gratis, plus kosmetik, snack lezat dan barang-barang lain yang selama ini susah kamu beli.

Begitu juga bantal dan ponsel. Bantal kegunaannya jelas agar kamu bisa tidur lebih nyaman. ponsel??? Untuk hiburan girls.. memangnya pengungsi tidak butuh hiburan?. Tapi tujuan utamanya sih jelas untuk menghubungi sanak saudara kita yang nan jauh dimata yang jelas ingin tahu keadaan kita.

Well guys. Dari semua hal yang kita bahas diatas tadi. Yang terpenting adalah, kamu tetap bersama dengaan keluargamu. J

Sekian dari saya. Tapi saya tetep berharap semoga kita selalu dilindungi Allah dari segala bencana. Selalu disatukan dengan keluarga dalam keadaan apapun. 


EmoticonEmoticon