Testimoni Minyak Zaitun Dapat Menghilangkan Stretch Marks

wardah untuk stratch mark
Sebenarnya ini belum saatnya saya memposting tentang stretchmark. Karena perjalanan saya dalam menghiangkan stretchmark masih setengah jalan. Tapi saya sudah tidak sabar untuk membaginya pada anda.
Stretchmark adalah guratan yang sering muncul pada bagian tubuh yang terdapat konsentrasi lemak seperti perut, paha, pantat, lengan, dan payudara. Guratan ini biasanya berwarna merah muda, ungu, putih atau abu-abu, tergantung warna kulit orang tersebut.

Stretchmark terjadi karena tubuh menggemuk secara tiba-tiba, mengakibatkan kulit yang kurang keelastisannya mengalami kerusakan. Biasanya ini terjadi pada orang yang memiliki sedikit kolagen atau protein yang membuat kulit lentur.
Kulit yang merenggang karena tubuh yang mengembang lebih cepat seperti kegemukan yang tiba-tiba, mengakibatkan lapisan tengah kulit (dermis) akan menipis sehingga lapisan di bawahnya muncul ke permukaan. Kondisi inilah yang disebut stretch mark. 

Penyebab umum stretchmark adalah:
1. Keturunan
2. Mengidap kelainan tertentu seperti Sindrom Marfan adalah kelainan gen yang memengaruhi jaringan tisu dan kulit.
3. Mengkonsumsi obat kartikosteroid yang tidak tepat.
4. Mengembangnya tubuh atau naaiknya berat badan secara significant.

Stretchmark umumnya terjadi pada wanita hamil, atau remaja yang sedang dalam masa pertumbuhan. Ada studi mengatakan bahwa stretchmark bisa hiang dengan sendirinya, namun tentu memerlukan waktu yang cukup lama. Dan jika stretchmark sudah mengalami fase menjadi berwarna putih, maka stretchmark tersebut akan lebih sulit lagi dihilangkan.

Ada beberapa cara yang umum digunakan untuk menghilangkan stretchmark. Yaitu dengan cara Oprasi, krim khusus stretchmark, dan terapi laser.

Disini saya akan menceritakan pengalaman saya menghilangkan stretchmark.

Cerita ini berawal saat saya tiba-tiba menemukan guratan-guratan berwarna merah kecoklatan di kedua paha dan pantat saya.  saya menganggap bahwa penyebabnya adalah tempo hari, saya mengalami gatal yang sangat hebat dibagian paha dan pantat. Saya menggaruknya dengan semangat. Namun saya juga tidak mengira akan terjadi seperti itu. dan saya juga meenyadari bahwa saat itu saya sedang dalam keadaan “tiba-tiba” berat badan saya naik drastis. Dari 145 menjadi sekitar 155, dengan tinggi badan hanya 155.

Saya ingat sekali, pada saat itu saya sedang mengkonsumsi obaat dexaamethasone sebagai eksperimen saya, “apaakah obat tersebut dapat membantu  saya dalam menyembuhkan jerwat”. Namun entah saya lupa atau belum tahu. Ternyata dexametasone memiliki efek samping menggemukan badan. Saat itu saya hanya fokus dengan menurunkan berat badan saja. Saya abaikaan stretchmark ini.

Setelah sekian bulan, saya mulai berpikir dengan gelisah. “bagaimana nanti saat saya menikah dan suami saya menemui stretchmark ini?” pikiran itulan yang memotivasi saya untuk segera menghilangkan gurataan manja ini.

Cara pertama yang saya lakukan adalah cara yaang sederhana. Yaitu mengoleskan handbody ctra night whitening. Saya mengoleskannya dengan memijat-mijat sedikit. Kadang hanya saya oleskan saja karena malas. Selain itu saya juga mengoleskan whitening cream wajaah saya ke bagian paha yang terdapat stretchmak.

Apakah efektif?

Saya kira tidak, saya melihat stretchmark tersebut masih sama. Saya juga tidak menghitung lamanya proses peengolesan handbody tersebut jadi saya tidak bisa menyatakaan bahwa metode ini gagal, karena yang saya tidak menerapkan metode ini dalam jangka waktu yang lama.

Lalu saya mulai browsing dan menemukan caraa yang unik dan terjangkau dengan kemampuaan saya. dengan cara:
1. Siapkan Kapur sirih
2. Minyak Kayu Putih
3. Jeruk Nipis
Ketiga bahaan tersebut dicampur bersamaan dengan takaran secukupnya. Oleskan saja pada bagin stretchmark.

Saya melakukan ini mungkin sekitar dua minggu lebih. Saya mencampurkan jeruk nipis hanya beberaapa kaali saja. Saya lebih sering hanya menggunakaan minyak kayu putih dan kapur sirih. Tetu saja ada masa dimana saya mulai malas melakukannya. Tapi saya harus bertekat untuk sembuh demi menghilangkan stretchmark ini.
Ada sedikit hasil dari metode ini. stretchmark saya sedikit berkurang. Sedikit sekali. Saya memaklumi. Karena ini bukan masalah kulit yang biasa. Bahkan para dokter memberikan metode laser untuk maslah ini.

Pada suatu hari, saya mencoba unuk menggosok stretchmark saya dengan batu apung yang biasanya digunakan untuk menggosok daki saat mandi. Dengan tujuan memaksimalkan pengeupasan kulit.  Saat menggosoknya tidak terjadi apa-apa. Semua baik-baik saja. Setelah selesai mandi, tiba-tiba paha saya terasa perih dan sakit. Ini benar-benar memperparaah keadaan. Paha saya yang sebelah kiri mengalami luka diatas stretchmark saya, sedangkan yang sebelah kananpun sama namun tidak separah yang sebelah kiri.

Saya langsung berpikiran positif. “mungkin dengan adanya luka ini, stretcthmark saya bisa hilang seiring mengelupasnya luka tersebut”
Saya memutuskan untuk berhenti menggunakan kapursirih dan minyak kayu putih.

Lalu saya mencoba mencari solusi lain. saya kembali browsing mencari “obat penghilang stretchmark”. Saya sudah menentukan pilihan, yaitu produk cussons baby untuk stratchmark. Saya lupa detail nama brandnya. Namun tiba-tiba saya menemukan sebuah forum yang berdiskusi mengenai stretchmaark. Disana mereka membicarakan pengalaman mereka yang telah menggunakan obat penghilang stretchmark dengan brand luar negri, ada juga yang menggunakan brand lokal buatan dokter kulit. Brand luar negi tersebut bisa memiliki harga sampai 500k atau bahkan lebih, utuk produk lokal bisa 200k bisa lebih juga, saya lupa harga pastinya. Untuk oprasi atau laser bisa hingga sekitar 8 juta. Sangat menakjubkan!

Saat itu saya langsung tertarik dengaan salah satu member forum tersebut yang bercerita bahwa dia menggunakan ampas kopi dan EVOO (Extra Virgin Olive Oil) dia mengaplikasikannya sekitar 3 bulan dan stretchmarknya sudah mulai memudar. Saya segera browsing dan mencari minyak zaitun dengan harga yang murah terlebih dahulu karena saya hanya ingin mencobanya.

Saya meminta ibu saya untuk membelikannya ditoko kosmetik. Saat itu yang saya inginkan adalah Minyak Zaitun dengan Brand milik MustikaRatu dengan haarga berkisar antara 30k hingga 40k. Setelah ibu saya sampai dirumah. Dia berkata bahwa minyak tersebut habis dan menyaranakan ibu saya untuk membeli Minyak Zaitun milik Wardah dengan harga sekitar 30k, namun isinya lebih sedikit dari minyak zaitun milik mustkaratu. Well, mau tidak mau saya harus memakainya.

Wardah Pure Olive Oil.
Dari namanya saja kita bisa tau baahwa Minyak Zaitun milik wardah ini adalah minyak zaitun yang murni. Aromanya lembut, Minyak tersebut berwarna sedikit kehijauan, dan kental.

Saya menggunakannya pertama kali pada 29 September 2016 hingga saat ini. jika dihitung sudah 50 hari saya menggunakan minyak zaitun tersebut. Pada awalnya saya mengoleskannya hampir 5 kali sehari,  lama kelamaan saya mulai malas dan saat ini saya hanya mengoleskannya sehari sekali saat akan tidur. Saya pernah menggunakannya bersama ampas kopi, namun hanya beberapa kali. Selain karena malass. Ampas kopi mebuat kuit saya menjadi agak gelap. sehingga sampai saat ini saya hanya menggunakan Wardah Pure Olive Oil.

Saya tidak hanyak mengoleskannya. Tapi dengan caaraa mengurut dan memijatnya, mungkin sekitar 4-10 menit tergantung waktu yang saya miliki. Dan saat ini saya menggunaakan metode “mengurut 100 kali”. Kedengaran sangat susah dan membuang waktu bukan? Sebenarnya tidak. Silahkan anda coba.

Lalu bagaimana hasil dari menghilangkan stretchmark dengan minyak zaitun?

Seperti yang saya bilang diawal. Sebenarnya saat ini belum waktunya saya membicarakan tentang eksperimen saya ini. tapi karena hasil eksperimen ini sungguh sangat memuaskan meski masih sebulan setengah lamanya saya menggunakannya.  Ilustrasi dari hasil metode menghilangkan stretchmark dengan minyak zaitun seperti ini:

Dan setelah sebulan setengah seperti ini:

Maaf saya tidak bisa memberikan foto paha saya sendiri, karena saya tidak memiliki foto sebelum saya menggunakan minyak zaitun. Sangat mengagumkan bukan? Ini masih satu setengah bulan, dan hasilnya sudah bagus. Bagaimana jika saya tetap rutin, semoga saja stretchmark ini bisa benar-benar hilang, atau paling tidak warnanya tersamarkan.

Apakah anda bertanya bagaimana keadaan stretchmark dibagiaan pantat saya? hehe.. mereka sudah hilang tanpa saya sadari. Padahal saya sangat jarang sekali mengaplikasikan obat-obat yang sudah saya coba. Tapi stretchmark tersebut hilang dengan sendirinya. Saya tidak tahu apa yang terjadi. Mungkin karena berat badan saya yang juga mulai kembaali normal.


Jadi, bagi anda yang memiliki masalah stretchmark. Apakah anda sudah menemukan jawabanya?

Istavita Utama
Istavita Utama

Gadis pemalas yang otaknya dipenuhi oleh film, music, dan menulis.

7 comments:

  1. Kak itu strech mark kkak warnanya udah putih gitu atau masih merah muda?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Klo wrnanya udah putih gitu kira2 bisa ilang ngga yaa? Trus smpe skrang progressnya udah gimana kak?

      Delete
    2. Klo wrnanya udah putih gitu kira2 bisa ilang ngga yaa? Trus smpe skrang progressnya udah gimana kak?

      Delete
    3. sama klo yg di bokong yg ilang dg sndirinya itu warnanya merah kecoklatan juga ngga?

      Delete
    4. sama klo yg di bokong yg ilang dg sndirinya itu warnanya merah kecoklatan juga ngga?

      Delete
    5. iya yang di pantat juga merah kecoklatan,
      kayaknya sih karena pantat lebih sering kena pijatan karena duduk jadi bisa ilang sendiri (asal ngomong :D ) .

      belom tau sih kalau putih bisa ilang apa nggak. menurutku, ya tetep ngejalananin cara minyak zaitun itu aja sekiranya sampai berbulan2 gak ada hasil "sama sekali" baru cara yang lain.. tapi sepengetahuanku banyak yang bilang gak bisa.

      aku beberapa bulan ini gak pakek lagi.. lupa dan males.. tapi ini mo aku mulai lagi.. :D

      Delete