Cara Mengetahui Operator yang Cocok Untuk Hp Android (Update)

Baru beli Handphone dan pasang kartu perdana.. tapi kok tidak ada sinyal padahal seluruh setting sudah benar??
Atau kamu memasang kartu perdana dengan brand yang sama didaerah yang sama dengan saudaramu. Tapi hanya sinyal di Handphone saudaramu saja yang bagus?

Kita semua pasti tahu, kalau tidak semua kartu perdana sinyalnya bagus disetiap daerah di indonesia. Terkadang Handphone kita spesifikasinya bagus, keluaran terbaru. Tapi sinyal lemot. Padahal setting dan segala macam sudah benar. Sudah mengikuti tutorial di berbagai web, yang kamu buka berkali-kali untuk menyelesaikan masalah yang super penting ini, tapi tidak ada yang berubah?!
Itu pengalaman saya.
Sebelumnya mari kita lihat penyebabnya dulu:

PENYEBAB SINYAL LEMOT

1. Handphone Belum support 3g.
Ini masalah klasik ya.. cara mengetahui Handphone kamu support 3g atau tidak, cari saja di google. InsyaAllah pasti ada. Selama Handphone kamu buatan dunia manusia. Hehe..

2. RAM
Ini sepertinya jarang ada yang sadar. Ram yang semakin kecil, memperlambat kinerja aplikasi di Handphone kamu, dan juga membuat Handphone kamu lambat dalam menangkap jaringan. So, hapus chace, aplikasi tidak berguna, dan tutup program yang tidak kamu pakai.

3. Masalahnya Ada di Handphone kamu sendiri!
Ini adalah contoh maslah pribadi saya.
Saya dan adik saya, memakai kartu Indosat dengan paket internet yang sama dan tinggal dirumah yang sama serta dengan RAM yang mencukupi dan tidak bermasalah. Tapi kecepatan internet kita BERBEDA!! Handphone nya adik bisa terlihat sinyal 3G bahkan H+ dan lancar, Handphone saya, hanya E. Jarang sekali 3g apa lagi H+. Namun jika didaerah perkotaan sinyal saya juga bisa 3G dan H+.

Aneh? bukan!!! Tapi menyebalkan!

Dan setelah melakukan penelitian. saya menemukan solusinya. (Senyum Lebar)

TERNYATA. Menurut penelitian saya.
Setiap Handphone memiliki kemampuan menangkp sinyal yang berbeda-beda. Dikarenakan setiap perusahaan Handphone menentukan jenis-jenis Handphone yang diproduksi agar mengurangi biaya produksi sehingga bisa memberi harga yang murah.

Contohnya: Handphone saya, oppo j3. Kita semua pasti juga sering dengar iklan di tv, opo memiliki jargon "camera phone". Dari sini kita tau, bahwa oppo j3 mengutamakan kualitas kameranya. Dan spesifikasi lainnya di anak tirikan.
Tapi tidak masalah. Satu-satunya solusi untuk masalah ini adalah, kita harus Mengalah! Jangan memaksakan kehendakmu memakai provider yang kamu ingin! Dengan alasan provider itu memiliki harga murah. Dan mari kita tanya pada Handphone kamu, provider mana yang dia pilih. 
Ingat! Nggk hanya kamu aja yang pengen dimengerti. Handphone kamu juga! 

Cara untuk mengetahui provider yang cocok untuk Handphone kita

Buka Pengaturan > Jaringan Seluler > Operator Jaringan > Pilih Jaringan Manual 
Jika di Handphone kamu tertulis otomatis, maka ubah ke manual, disini akan muncul beberapa nama privider.
Nama yang muncul pada layar Handphone kamu, itu adalah provider yang sinyalnya bisa di tangkap Handphone kamu.
Biasanya yang selalu keluar adalah provider telkomsel atau indosat. Tapi kadang ada kuda hitam yang memiliki sinyal lebih bagus untuk Handphone kamu. Pilihlah provider yang mencantumkan sinyal 3g atau atau mungkin 4g jika Handphone kamu mendukung. Seperti ini:

Bisa anda lihat di gambar tersebut bahwa sinyal Indosat yang bisa ditangkap oleh handphone saya hanya 2G saja. itulah kenapa selama ini saya jarang sekali mendapatkan sinyal 3G di tempat tinggal saya.

KESIMPULAN
1. Setiap Handphone memiliki kemampuan menangkap sinyal yang berbeda-beda
2. RAM mempengaruhi sinyal
3. Pakailah Provider yang dipilih Handphone kamu. Karena jaman sekarang seluruh provider memiliki paket internet yang keren.

Sekian dari saya. :)

Istavita Utama
Istavita Utama

Gadis pemalas yang otaknya dipenuhi oleh film, music, dan menulis.

No comments:

Post a Comment