Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Penulisan Skripsi Lengkap Baik dan Benar

Hai mahasiswa tingkat akhir...
Langsung saja kita bahas apa saja yang perlu di persiapkan dalam pembuatan skripsi.

1. Judul.
Menurut saya, dari sekian proses pembuatan skripsi. Bagian judul adalah yang paling susah. Karena judul adalah yang paling penting yang akan menentukan apakah proses skripsi kamu bakal berliku-liku atau lurus ajah.
Tips dari saya. Sebelum menentukan judul.

a. Pastikan kmu sudah mendapatkan tempat penelitian. Cari tempat penelitian yang mempermudah kmu menggali informasinya. entah itu karena tempatnya yang dekat dg tempat tinggalmu, atau terdapat informan yang kamu kenal didalamnya, atau lebih baik lagi jika itu tempat kerjamu. dan pastikan pemilik tempat penelitian tersebut sudah memberimu ijin.

b. Pastikan kamu memilih materi yang kamu kuasai, jika kamu memang tidak menguasai materi apapun (haha) pilihlah materi yang tidak menyusahkanmu dalam mendapat informasi dari materi tersebut. Kmu nggk harus memilih materi yang susah-susah agar judulmu di acc. Karena sepengetahuan saya. Judul dapat di acc jika: judul itu belum digunakan oleh teman seangkatanmu, dan kamu bisa menjelaskan alasan, pengertian dan kamu bisa menjabarkan isi judul tersebut.

Nah. Jika dua hal itu sudah ada. Maka referensi judul akan mengetuk pintu otakmu. Karena dengan menentukan tempat penelitian saja. Kamu sudah menyaring ribuan ide yang riwa riwi di otak kmu, dengan memiliki fokus pada tempat penelitian tersebut. Setelah itu kamu lihat, apa yang bisa kmu jadikan penelitian ditempat tersebut.

2. Materi
Setelah di acc. Otomatis kamu telah memiliki gambaran, apa saja yang akan kamu bahas dalam skripsi. Menurutsaya, hal pertama yang harus kamu lakukan adalah,
a. Ambil selembar kertas, dan duduklah ditempat yang nyaman.
b. Pikirkan apa saja yang sekiranya harus kamu cari tahu, untuk menunjang skripsi kmu. Seperti, pertanyaan-pertanyaan yang akan kmu ajukan pada informan di tempat penelitian dan pada dosen pembimbingmu. Karena dengan kmu menulisnya sejak awal, kemungkinan "lupa mau tanya ini/itu" akan terhindar, karena saya tahu, bolak balik nanya bikin sungkan.
c. Siapkan tempat untuk menulis judul buku, artikel, atau website yang akan kamu comot isinya.

3. ISI part 1
Di tahapan ini, kamu perlu menulia bab 1, 2, dan 3. Untuk menghadapi ujian proposal.
BAB I .  Pendahuluan.
BAB II . Tinjauan pustaka.
BAB III. Metode Penelitian

4. Ujian Proposal
Setelah kalian menyelesaikan bab 1 hingga 3, mintalah pendapat dosen pembimbing, jika menurutnya sudah benar, maka pergi ke bagian kantor, dan mintalah formulir pendaftaran Ujian proposal, jika dikampus saya, mahasiswa akan dihubungi saat tanggal ujian proposal sudah ditentukan. Apa saja yang diujikan saat ujian proposal?

5. ISI part 2
Ujian proposal sudah selesai... jika tidak ada refisi. Maka lanjut ke
BAB IV. Hasil Penelitian dan Pembahasan
BAB V. Kesimpulan dan Saran.
Daftar Pustaka.

7 Pelengkap
Seperti yang kalian tau... skripsi todak hanya berisikan bab 1 hingga 5 saja. Tapi juga ada beberapa lampiran. Saya akan memberikan urutan yang benar versi universitas saya ( Universitas kahuripan Kediri ):
1. Cover
2. Tanda Persetujuan Skripsi
3. Pernyataan Orisinalitas, berisikan pernyataan yang disertai materai dan tanda tangan penulis skripsi.
4. Halaman Pengesahan
5. Halaman Persembahan, berisikan untuk siapa skripsi ini ditujukan. Biasanya dibagian ini penulis bebas menggunakan font apa daja dengan bahasa yang bebas juga.
6. Abstraksi
7. Kata Pengantar
8. Daftar Isi
9. Daftar Gambar
10. Daftar Table
11. Daftar Lampiran
12. Bab 1-5
13. Daftar Pustaka.
14. Lampiran. D i bagian ini, kalian diminta melampirkan data perusahaan yang kalian jadikan penelitian, misalnya laporan keuangan dll. Dan hasil Waeancara kalian terhadap informan. Jika kalian menggunakan keterangan diatas dalam penelitian. Jika tidak. Maka tidak perlu. Lalu yang terakhir lampirkan Curiculum Vitae.

8. Ujian Skripsi
Seperti ujian proposal, setelah kalian menyelesaikan keseluruhan isi skripsi. Mintalah untuk dikoreksi dosen pembimbing kalian. Jika sudah deal. Datang ke bagian kantor, dan mintalah formulir pendaftaran ujian skripsi.
Pada ujian skripsi kalian hanya perlu menyediakan Abstraksi hingga daftar pustaka. Karena untuk selain itu, akan dicantumkan hanya dicantumkan pada saat akan dicetak saja.
Apa saja yang diujikan saat ujian Skripsi?



Demikianlah tahapan pembiatan skripsi. Percayalah.. skripsi tidak semengerikan yang kalian pikir, selama kalian NIAT dan BISA. Hahaha. Semoga berhasil.