Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

7 Rekomendasi Sabun Jerawat yang Sudah Terbukti

Sabun adalah salah satu benda yang selalu kita gunakan setiap hari. Entah untuk mandi, mencuci baju, mencui piring dan kegiatan mencuci lainnya. Ada banyak sekali jenis sabun seperti sabun padat, sabun cair, sabun gel, dan sabun bubuk/serbuk. Meskipun mereka memiliki komposisi yang berbeda-beda namun Mereka semua memiliki tujuan yang sama, yaitu untuk membersihkan dari kotoran, kuman dan bakteri.

Telah banyak sekali perusahaan yang mengeluarkan produk sabun dengan brand, aroma, dan bentuk yang beragam. Saat ini para perusahaan di dunia sedang berlomba-lomba memproduksi dan menginovasi sabun, sehingga saat ini sabun untuk tubuh pun telah dikelompokan menjadi beberapa bagian seperti sabun khusus tubuh, sabun cuci tangan dan sabun wajah. Sabun wajah pun juga dibagi menjadi dua bagiaan yaitu sabun wajah khusus wanita dan sabun wajah khusus pria. Tidak hanya itu, perusahaan pun mulai membuat kita sebagai konsumen menjadi bingung untuk memilih antara sabun khusus jerawat, sabun untuk memutihkan wajah, sabun untuk kulit kering, berminyak dan normal.  Saya tidak bisa membayangkan berapa banyak penghasilan perusahaan tersebut setiap harinya. Bagaimana tidak. Terkadang orang-orang langsung mengganti sabun wajah yang baru saja dibeli dengan brand lain, karena ternyata sabun tersebut tidak cocok dengan jenis wajahnya. Terutama untuk orang-orang yang sedang mengalami masalah jerawat. Mereka akan lebih selektif lagi dalam memilih. Bahkan mereka berani membayar mahal sabun wajah yang belum tentu cocok untuk wajahnya demi kesembuhan jerawatnya tersebut.

Saya pun hingga sekarang masih bingung memilih antara sabun yang mengandung scrub dan tidak. Jika saya memilih yang tidak mengandung scrub, maka komedo dan sel kulit mati di wajah saya tidak akan terangkat dengan baik. Jika saya memakai sabun yang mengandung scrub maka akan melukai wajah saya jika saya sedang berjerawat. Lalu bagaimana solusinya? Apakah saya harus memiliki dua jenis sabun wajah? Oh My God!

Beruntung saya memiliki adik laki-laki yang memakai sabun wajah dengan brand lain yang mengandung scrub. Jadi saya cukup membeli yang tidak mengandung scrub. Haha..
Baiklah, kali ini saya akan memberi anda daftar sabun wajah yang pernah saya pakai untuk menunjang kesembuhan wajah saya dari jerawat.

1. Sabun Hijau Holly
Saya masih sangat ingat saat saya memakai sabun Holly tersebut. Saat itu kira-kira saya berumur 14 tahun. Wajah saya kusam dan penuh dengan jerawat. Jika saya tringaat masa itu, saya tidak habis pikir, bagaimana bisa saya menjalani hidup dengan wajah seperti itu. hahaha.. Saat itu saya masih belum memperhatikan masalah penampilan, tentu saja ibu saya yang langsung bergerak untuk mengatasi masalah wajah saya tersebut. Ibu saya membelikan obat jerawat ini dan itu. juga sabun jerawat dengan merk yang berubah-ubah. Pada saat itu saya memakai sabuh hijau Holly.
Saya tidak bisa memilih kata yang tepat untuk mendiskripsikan bentuk sabun holly tersebut. Karena seingat saya, sabun holly berbentuk padat, tapi juga lembek. Sabun tersebut mudah sekali larut jika terkena air, apalagi jika sabun tersebut terendam air, maka tidak lama sabun tersebut akan lenyap dari dunia manusia ini. hoho..

Sabun hijau holly ini adalah sabun anti bakteri. Yang bisa digunakan untuk penyakit kulit seperti gatal-gatal dan juga jerawat. Perasaan saya saat setelah memakai sabun holly adalah, wajah saya terasa bersih dan segar, wajah terasa halus seakan komedo dan sel kulit mati juga terangkat. Namun kelemahaan sabun hijau ini, membuat wajah saya terasa kering sesaat setelah memakai sabun hijau. Jadi, saran saya, pakailah pelembab wajah setelah memakai sabun hijau holly ini, kecuali saat anda akan pergi tidur, anda tidak perlu memakai pelembab.
Anda bisa mendapatkan sabun ini di apotek terdekat dengan harga sekitar 5k, tergantung wilayah anda.

2. Sabun Sereh
Sabun sereh sepertinya kurang pouler di dunia produk perawatan wajah. Karena saya memakainya sudah beberapa taahun yang lalu, hingga sekarang sepertinya belum pernah mendengar lagi ada orang yang serius membicarakan tentang sabun sereh untuk menyembuhkan jerawat.
Saya tidak ingat apa merk sabun sereh yang saya gunakan saat itu. anda bisa browsing di google tentang merk yang aman dan beserta komposisinya. Seingat saya sabun sereh ini terasa lebih ringan dibandingkan dengan sabun hijau holly. Sabun sereh ini memiliki bentuk padat seperti sabun bataang pada umumnya. Juga terasa ringan di wajah.
Anda bisa mendapatkannya di toko kosmetik kepercayaan anda.

3. Clean and clear Deep Action – Daily Pore Cleanser
Ini adalaha salah satu brand terkenal yang iklan produk ini sering muncul di tv. Biasanya dalam iklan tersebut di perlihatkan para remaja yang sedang dalam masalah jerawat dan sembuh setelah mencuci wajah dengan sabun tersebut. So Amazing.
Sepertinya ini adalah sabun mengandung scrub pertama yang saya pakai. Tentu saja efeknya sangat bagus, karena terdapat butiran-butiran scrub yang membantu kita untuk mengangkat sel kuit mati dan membersihkan komedo. Seingat saya rasanya sangat ringan di wajah dan tidak membuat wajah terlalu kering.

4. Clean and Clear Essential Foaming Facial Wash
Sabun ini berbentuk cairan kental berwarna coklat. Clean and Clear Essential Foaming Facial Wash membuat wajah saya terasa kering. Sepertinya efeknya lebih keras dari Clean and clear Deep Action – Daily Pore Cleanser . 
Meskipun sabun ini tidak mengandung scrub, namun bisa juga untuk mengangkat komeda. Sehingga dapat membebaskanmu dari hindung landak. 

5. Garnier man acno fight
Saya sering kali membahas tentang sabun ini di beberapa artikel saya. sabun ini memang bagus. Meskipun dari labelnya mengatakan bahwa sabun ini khusus pria, namun juga bisa digunakan untuk wanita.
Setelah memakai sabun ini, wajah terasa sejuk dan dingin. Komeda juga terangkat dan membuat wajah menjadi lebih halus dan terlihat cerah. Adik saya juga memakai produk ini, dan terkadang saya pun juga masih memakai Garnier man acno fight saat saya mulai jengkel dengan komedo saya. hehe

6. Dettol
Dettol adalah Brand terkenal yang mengusung tema antibakteri. Dettol memproduksi banyak produk antibakteri seperti sabun cuci tangan, cairan anti septik, dan juga sabun mandi.
Saya menggunakan sabun dettol batang untuk wajah saya. dan hasilnya sangat memuaskan. Selain membuat wajah menjadi halus. Kandungan anti bakterinya membantu saya dalam menyembuhkan jerawat saya. selain itu, sabun Dettol ini juga terasa ringan di wajah. anda bisa memilih warna apa saja. 

7. Sekartadji
Ini adalah sabun wajah yang masih saya pakai sampai saat ini. “sekartadji” adalah sebuah nama salon kecaantikan yang memproduksi sabun ini sepaket dengan obat jeraawat dan bedak taburnya.  Rasanya ringan di wajah. Salon sekartadji berada di Kediri Jawa Timur.

SUDAH BENAR KAH CARA ANDA MEMAKAI SABUN WAJAH?
Saya akan memberikan anda cara menggunakan sabun wajah yang menurut saya membuat sabun wajah menjadi lebih efektif. Yaitu dengan cara”
1. basahi wajah anda
2. ambil sabun secukupnya
3. aplikasikan sabun pada wajah anda dengan cara dipijat bperlahan terutama di bagian yang terdapat baanyak komedo.  Pijat perlahan hingga kira-kira 15 detik.
4. Diamkan terlebih dahulu selama 10 detik.
5. lalu bilas dengan menggosoknya perlahan.

Dengan cara tersebut. Wajah anda akan terasa lebih bersih dan segar, berbeda jika dibandingkan saat anda memakai sabun wajah asal-asalan.

TAPI  JANGAN LUPA!! SABUN SAJA TIDAK CUKUP UNTUK MENYEMBUHKAN JERAWAT!

sabun hanya sebagai pendukung saja, anda tetap memerlukan obat untuk jeraawat itu sendiri. :)

Selamat mencoba.