Tuesday, January 24, 2017

Air Garam dapat Menyembuhkan Jerawat?

Air Garam dapat Menyembuhkan Jerawat?

Pertanyaan tersebut sering diajukan di Grup facebook yang saya follow. Sepertinya mereka mendapatkan informasi tersebut dari google. karena seingat saya, saya belum pernah mendapatkan saran seperti tu dari orang-orang terdekat saya.

Mari kita kupas dahulu tentang kandungan garam dan manfaat darinya.

KANDUNGAN GARAM

1. Yodium
Zat ini terkenal memiliki manfaat untuk membantu perkembangan kecerdasan anak dalam masa pertumbuhannya. namun tidak semua garam mengandung yodium.

2. Phospor
Membantu pembentukan tulang dan gigi.

3. Cobalt
Membentuk pembulu darah

4. Kalsium
Kalsium juga dapat menurangi efek stres, dimana stres juga termasuk dari penyebab timbulnya jerawat. selain itu kalsium memiliki efek pada output dari anti oksidan, dimana anti oksidan itu sendiri berfungsi untuk melawan peradangan.

5. Kalium
Pembentuk aktivitas otot jantung

6. Zinc atau Seng
Zinc berperan dalam meningkatkan fungsi imun tubuh, sehingga tubuh dapat menangkal terjadinya infeksi dari bakteri penyebab jerawat.

7. Sulfur atau Belerang
sebagai keratolitik atau mengelupaskan kulit mati,

8. Chlor
Untuk membentuk HCL pada lambung yang berfungsi membunuh kuman bibit penyakit dalam lambung.

9. Magnesium
Sebagai Zat Pembentuk Sel Darah Merah

10. Mangaan
Utuk mengatur pertumbuhan tubuh dan sistem reproduksi.

11. Tembaga
Sebagai pembentuk hemoglobin pada tubuh

12. Natrium
Sebagai pembentuk faram didalam tubuh dan sebagai penghantar implush dalam serabut syaraf.

13. Flour
Memiliki peran dalam pembentukan lapisan email gigi.


Garam dapur mengandung kalsium, Sulfur, dan zinc yang memiliki efek baik untuk kulit berjerawat. dengan begini jelas bahwa sebenarnya garam memang dapat membantu dalam proses penyembuhan jerawat. Namun yang perlu anda ketahui, Meskipun garam juga memiliki kandungan yang dapat menyembuhkan jerawat, tidak serta merta membuat garam dapat menyembuhkan jerawat degan cepat.

Ada dua metode penggunaan Air Garam sebagai penyembuh jerawat yang saya ketahui:
1. Dengan membauh wajah dengan air garam.

2. Merendam wajah ke dalam baskom berisi air garam.

Well, sekilas terlihat sangat meyakinkan, apalagi jika saat ini anda sedang tidak memiliki anggaran untuk membeli produk perawatan wajah berjerawat.

Menurut saya (meskipun saya belum pernah mencoba)

saya pikir cara nomor 2 lebih efektif, karena jika hanya menyiramkannya saja, maka akan sedikit sekali garam yang menempel pada wajah, sedangkan yang kita butuhkan adalah si garam yang menempel pada wajah agar dia dapat melaksanakan tugasnya menyembuhkan jerawat.
Namun... berapa lama anda akan merendam wajah ke dalam baskom?
Berapa banyak garam yang dibutuhkan?
Butuh berapa lama kah garam menyelesaikan tugasnya?

Itu adalah pertanyaan dasar yang harus kita ketahui jawabannya. karena jika anda hanya memakai air garam sembarangan, mungkin akan sulit sekali untuk mendapatkan hasilnya.

Mari kita pikirkan bersama.
1. Berapa lama anda akan merendam wajah ke dalam baskom?
Setelah mencuci wajah tanpa menggunakan handuk, maka air di wajah akan kering dengan sendirinya sekitar 2-3 menit. mengeringnya air di wajah bisa karena penguapan, atau masuk ke pori-pori kulit.

Jadi, secara logika, Garam akan "memulai" tugasnya seteah 2-3 menit setelah garam tersebut mendarat di wajah anda. jadi paling tidak anda harus membiarkan garam tetap ada di wajah setidaknya 4 menit atau lebih.

2. Berapa banyak garam yang yang dibutuhkan?
Tubuh manusia hanya membutuhkan 7 gram garam dapur dalam sehari atau sama ddengan 3.000mg sodium. Satu sendok teh garam sama dengan 2.000mg sodium.

Lalu, berapa banyak garam yang dibutuhkan wajah saat melakukan perendaman?
Sayang sekali saya bukan ahli fisika, kimia atau bahkan seorang dokter, jadi saya tidak dapat menghitung, menakar, dan menentukan berapa garam yang dibutuhkan.

3. Berapa lama waktu yang dibutuhkan garam dalam menyelesaikan tugasnya?
well, jawaban prtanyaan ini terhubung dengan jawaban nomer 2 dan 1.
a. banyaknya garam akan berpengaruh pada seberapa cepat dan efektif garam tersebut untuk menyembuhkan jerawat. maka semakin banyak, akans semakin efektif, begitukah?
Entahlah, yang saya tahu semua yang berlebihan akan berdampak negatif kecuali pahala ibadah dan uang.

b. Jika memang benar air gara akan mulai bekerja setelah 2-3 menit maka?
Entahlah kita tidak tahu apa yang akan diklakukan garam sesampainya didalam kulit. apakah dia beristirahat sebertar, mandi, makan atau langsung bekerja. jika pada umumnya krim perawatan wajah (entah krim abal-abal, krim ilegal, krim bersertifikat, krim halal, ataupun krim yang terpercaya) lebih efektif dipakai dimalam hari hingga bangun tidur yang berarti sekitar 8 jam jika tidur jam 9 malam dan bangun jam 4 pagi, maka sekitar 8 jam krim wajah bekerja lebih efektif untuk kulit kita.
lalu berapa lama waktu yang dibutuhkan garam?

tunggu dulu..

Sebuah produk sabun yang kini sedang booming menjelaskan bahwa sabun tersebut hanya membutuhkan waktu singkat dalam penggunaannya namun dapat memberikan efek yang luar biasa. saya tidak tahu pasti berapa lama waktu yg diperlukan sabun tersebut, namun jika biasanya, kita menggunakan sabun wajah mungkin sekitar 5-7 menit saja. setelah itu dibilas. tentu dibilas hingga bersih tanpa menyisakan sedikit sabun pun pada wajah. tapi nyatanya, mereka bilang itu berhasil.
jadi, untuk berapa lamanya garam bekerja, saya tidak dapat memberi kesimpulan, karena setiap bahan dan produk memiliki kekuatannya masing-masing. mungkin saja garam membutuhkan waktu sekitar 8 jam, atau lebih bagus lagi mungkin saja hanya 5-7 menit.

Yang jelas, GARAM DAPAT MEMBANTU MENYEMBUHKAN JERAWAT. tapi pasti memerlukan waktu yang cukup lama. anda harus ekstra sabar dalam melakukan metode ini. Tapi yang saya tahu. semakin cepat jerawat tersebut sembuh berarti semakin terbukti bahwa metode tersebut berhasil.
Selamat mencoba dan semoga berhasil.

1 komentar so far

Baru tau klo air garam bisa jdi menyembukan jerawat. thanks infonya, mau di coba... hahahaha


EmoticonEmoticon