Sabun Wajah dan Obat Jerawat yang Cocok

Sabun Wajah dan Obat Jerawat yang Cocok
Wajah berjerawat membuat kita merasa malu, tidak nyaman, dan bingung mau pakai Sabun Wajah dan Obat Jerawat yang Cocok , mau pakai perawatan model apa, dan masih banyak lagi kebingungan lainnya.

Aku juga seperti itu. Sudah bayak sekali produk perawatan wajah dan obat jerawat yang aku pakai. Tentu ada yang berhasil, ada yang tidak. Bahkan ada yang membuat wajahku terasa terbakar (tidak separah yang kalian bayangkan, biasa aja kok 😁 ).

Tapi itu hal yang wajar, karena setiap produk memiliki jenis dan dosis ahannya sendiri. begitupun dengan manusia yang memiliki daya tahan tubuh yang berbeda beda. Terkadang obat ini cocok
dengan si A, tapi belum tentu cocok dengan si B, dan begitu juga sebaliknya.

Aku sudah pernah akai obat jerawat dari harga Rp.7.500 hingga sekitar Rp.100.000. itu sih sih tidak sebanding dengan orang orang yang pernah cerita tentang seberapa besar biaya perawatan wajah untuk menyembuhkan jerawat. ada yang menghabiskan hingga jutaan rupiah. haduh..

Tapi tunggu, Rp.7.500? obat apa itu murah banget? abal abal ya?

TIDAK! maksudnyaa aku tidak tau pasti apakah itu abal abal atau tidak.

Tapi yang pasti, semua obat yang pernah aku pakai adalah adalah rekomedasi dari orang orang terdekat, yang tidak mungkin menjerumuskan.

Kunci dari berhasilnya menemukan obat yang cocok untuk wajahmu adalah "JANGAN TAKUT MENCOBA".

"aduh.. ini nggak ada BPOM nya. abal abal niih.. berbahaya niih.. nggak deh"

"Obat apa ini? nggak terkenal. nanti wajahku malah usak".

"Mahal amat obatnya!! iya kalo cocok, kalo gak, ya malah rugi. gak deh"

"Lho. kok murah banget obatnya? gak deh, jangan jangan bahannya pakai bahan ngawur"

DAN SEBAGAINYA...

Aku sering menghadapi orang orang yang tanya panjang lebar. yang tujuannya hanya untuk meyakinkan diri sendiri bahwa "ini adalah pilihan yang terbaik". padahal aku sudah mengatakan "aku pakai ini, dan aku cocok, dan nggak ada efek samping dan aman". tapi masih aja nanya "apa bener kamu sembuh pakai obat ini?".

Tidak ada yang salah dengan itu. hanya saja..

Come On!! aku tidak mungkin memberikan saran yang buruk, pada kalian. meskipun kita tidak pernah bertemu, tapi aku sayang sama kalian. jadi aku pasti memberikan saran yang terbaik!
aku tau rasanya putus asa mencari solusi untuk menyembuhkan jerawat. jadi aku pasti memberikan bantuan yang terbaik yang aku bisa.

oke kita kembali ke topik..

Dalam menyembuhkan jerawat, kita tidak hanya membuthuhkan obat jerawat. tapi juga sabun khusus wajah. Jika salah satunya tidak cocok denganmu maka, pengobatan yang kamu jalani akan sia sia.
Kalian sudah menggunakan obat jerawat yang mantap. tapi sabun jerawatnya membuat wajahmu berjerawat.  begitu juga sebaliknya. Hal ini akan membuat peperanganmu melawan jerawat tidak akan ku jung berakhir.

Lalu apa saja Sabun Wajah dan Obat Jerawat yang Cocok untukku dan sangat aku rekomendasikan?

1. Sabun Dettol dan Clinium Gel

Tidak seperti sabun mandi lainnya. Dettol tidak membuat wajah kita kering apalagi sampai mengelupas.

Dettol adalah abun yang masih saya pakai sampai sekarang.

Testimoni Sabun Dettol

Aku harap Perusahaan Dettol mengeluarkan sabun Khusus wajah sehingga teman temanku ini tidak takun mencobanya. Karena hasilnya sangat memuaskan!

Clinium gel adalah obat jerawat yang mengandung clindamicyn sebesar 1%. Kalian harus tau bahwa Clindamicyn adalah Ratunya pembasmi jerawat!

Testimoni Clinium Gel

Clinium hanya membutuhkan waktu 3-4 hari untuk menyembuhkan jerawat. bisa lebih lama bisa lebih cepat sih, tergantung jenis jerawatnya. Biasanya jenis jerawat yang TIDAK bernanah lebih lama penyembuhannya.

Clinium gel tersedia di Apotek dengan harga sekiyar 35 - 45rb

2. Sabun Dettol dan Cream Vitamin Temulawak Sekartadji

Dettol lagi?
Ya! karen dettol sangat luar biasa!
dan Cream Vitamin Temulawak Sekartadji ini juga sangat luar biasa

Kalian tentu tidak asing lagi dengan "Cream Temulawak". krim ini sempat booming ditahun 2016. Ada banyak sekali perusahaan yang memproduksi cream temulawak dengan dosis dan kualitas bahan yang berbeda beda. Tapi Cream Vitamin Temulawak Sekartadji ini sangat aku rekomendasikan.

Cream ini ringan di wajah, dan bisa dipakai kapan saja. Pagi, siang ataupun sore. bahka sebelum berangkat kerja ataupun sekolah. kamu bisa memakai cream ini, lalu melapisinya lagi bedak jika kamu sedeng akan melakukan kegiatan outdoor.

Testimoni Cream Vitamin Temulawak Sekartadji

Cream ini tersedia di Wisma Rias SEKARTADJI yang berlokaasi di Kediri. Maaf sayang sekali saya bukan penjualnya. hehe..

sebenarnya ada baanyak kombinasi yang aku punya, tapi yang sudah aku tulis di atas adalah yang terbaru.

Kedua obat jerawat di atas TIDAK menyebabkan Purging!!

Selamat Mencoba dan semoga lekas sembuh..
Sabun Wajah dan Obat Jerawat yang Cocok

Cara Sederhana, Mudah dan Cepat Menghilangkan Komedo

Komedo biasannya bersarang di hidung, dahi, pipi dekat hidung dan dagu. Komedo cukup mengganggu dalam kehidupan sehari hari. Terutama saat menggunakan make up. Wajah menjadi kasar dan terasa tidak nyaman.

 Tidak ada kepastian kapan komedo muncul, atau dalam keadaan apa komedo biasa tumbuh, karena selama ini aku selalu memiliki masalah komedo. Entah itu saat aku merasa stress, atau dalam periode menstruasi atau di luar keadaan tersebut.

Aku menggunakan krim vitamin Temulawak yang memiliki fungsi untuk menyembuhkan jerawat. Jika memang komedo sama dengan jerawat, harusnya dia juga hilang bersama jerawat tersebut. Tapi nyatanya tidak.

Disini aku punya beberapa Cara Sederhana, Mudah dan Cepat Menghilangkan Komedo  

1. Uap Air dan Handuk
a. Bersihkan wajah kamu dengan sabun yang kamu pilih. Lakukan dengan cara mendiamkan sabun diwajahmu sedikit lebih lama, lalu bilas.

b. Letakkan wajahmu diatas uap air hangat, smpai kamu merasa pori pori wajah membuka lebar, atau sampai kamu merasa wajahmu melembek.

c. Usapkan handuk lembut ke daerah komedomu berada, gosokkan agak kuat seperti kamu membersihkan daki. Tapi jangan sampai wajahmu terasa sakit.

d. Lakukan terus sampai kamu merasa wajahmu halus bebas komedo.

c. Terakhir bersihkan wajahmu dengan sabun seperti biasa.

2. Sabun Berscrub dan Handuk
komedo , garnier
Menurutku, inilah fungsi sabun berscrub sesungguhnya. Yaitu mengangkat komedo dan sel mati.

a. Basuh wajahmu dengan air bersih dan suhu sedang.

b. Oleskan sabun berscrub kewajahmu. Aku pakai Garnier Man Acno Fight. Tidak harus memakai yang sama denganku. Kamu bisa pakai merk lain dengan label “scrub”

c. Pijat wajahmu dengan mengarahkan butiran scrub pada komedo. Lakukan terus hingga butiran tersebut habis/hilang. Ingat. Jangan sampai wajah kamu terasa sakit.

d. Jangan langsung diibilas. Diamkan dulu hingga sekitar 20 detik.

e. Setelah itu bilas wajahmu sambil memijatnya perlahan

d. Segera ambil handuk dan keringkan wajahmu dengan cara menggosok bagian komedo perlahan. Usahakan di bagian ini dilakukan saat wajah masih basah dan terasa kenyal. Karena jika wajah sudah terlanjur kering sebelum memakai handuk. Wajahmu akan terluka karena gesekaan handuk tersebut.

3. Biore Porepack
biore porepack
a. Bersihkan wajah kamu dengan sabun yang kamu pilih. Lakukan dengan cara mendiamkan sabun di wajah sedikit lebih lama, lalu bilas.

b. Keringkan wajahmu dengan handuk.

c. Letakkan lembaran biore porepack sesuai petunjuk pada kemasan. Usahakan saat di bagian ini wajahmu masih lembab sehabis mencuci muka.

d. Biarkan hingga biore porepack terasa keras di wajahmu.

e. Lepaskan lembaran Biore porepack tersebut dengan cepat. Sangat cepat. Karena akan semakin sakit jka kamu melepasnya perlahan.

f. Bersihkan wajahmu dengan sabun seperti biasa.

Perlu kamu ketahui. Komedo tidak akan benar benar hilang seumur hidup dengan menggunakan cara ini. Tapi cara ini bisa membuat komedomu hilang secara instan!

Lakukan metode diatas seminggu sekali. Tapi jika dalam seminggu itu kamu tidak merasa berkomedo. Kamu tidak perlu melakukannya.

Selamat mencoba.


Hasil Masker Naturgo Shiseido

Masker wajah biasanya digunakan untuk mengangkat sel kulit mati atau komedo. Ada banyak sekali bahan yang bisa digunakan untuk membuat masker, seperti buah buahan, sayur, dan masih banyak lagi. tak sedikit juga perusahaan kecantikan yang mengeluarkan produk masker seperti Sariayu dan Oval.

Dan ada yang baru!!

Naturgo Shiseido adalah masker wajah buatan China. Dengan kandungan:
1. Xantam Gum
2. Fragrance
3. Allantoin
4. Corn Stach
5. Niacinamide
6. Phenoxyethanol
7. Cl 77266
8. PVP
9. Gliserin
10. Alkohol Denatured
11. Polivvinyl Alcohol
12. Aqua

Manfaat Naturgo:
1. Mencegah dan menghilangkan Komedo
2. Mencegah timbulnya jerawat
3. Meminimalkan atau mengecilkan pori-pori wajah
4. Mengangkat sel kulit mati
5. Mengontrol minyak berlebih di wajah
6. Menyegarkan wajah
7. Menghaluskan kulit wajah
8. Memutihkan dan mencerahkan wajah
9. Mengencangkan kulit wajah


Cara Pemakaian Naturgo :
1. Bersihkan wajah terlebih dahulu, sebelum memakai Masker Naturgo
2. Steam atau uapkan wajah dengan air panas agar pori-pori terbuka kurang lebih 5 – 10 menit
3. Tuangkan masker di telapak tangan, oleskan masker ke seluruh wajah secara merata ( hindari daerah mata, alis dan bibir )
4. Tunggu hingga masker mengering ( 15 – 30 menit )
5. Setelah mengering, angkat lapisan masker secara perlahan dari bawah ke atas
6. Kemudian bilas dengan air bersih atau air dingin biasa, setelah itu keringkan dengan handuk bersih
7. Gunakan secara rutin dan teratur 2 – 3 kali dalam seminggu, agar hasil yang diperoleh bisa maksimal

naturgo
Testimoni
Naturgo memiliki tekstur kental, berwarna hitam pekat, serta memiliki wangi yang enak (menurut saya).

Saat memakai naturgo, sang penjual bilang, akan sangat sakit saat proses pengangkatan maskernya, jadi jangan sampai mengenai bulu wajah. Namun pada kenyataannya, Tidak Sakit.

Naturgo dipercaya dapat mengangkat komedo, Namun pada kenyataannya. Saat setelah memakai masker tersebut, Tidak ada komedo yang terangkat.

Naturgo mengatakan dapat mencerahkan wajah. YA!! Dia bisa. Saat setelah mengangkat lapisan masker, wajah langsung terlihat cerah.


Meskipun demikian, Naturgo memang memiliki komposisi yang cukup untuk mencerahkan wajah,  mencegah jerawat dan menghilangkan komedo, seperti gliserin dan allantoin. 

Apakah mungkin Naturgo saya palsu?

Saya pikir tidak. Saya sudah mempelajari mana naturgo asli dan palsu, dan naturgo yang saya miliki adala asli. Dengan tekstur kental, dan kemasan berwarna orange pekat dan bukan cerah.
Pemakaian sudah dilakukan 2 kali tapi memiliki hasil yang sama.

Jika memang perlu pemakaian berkali-kali hingga 2-3x seminggu baru bisa mengangkat komedo, maka saya pikir itu waktu yang terlalu lama untuk sekedar membasmi komedo.

Jika anda berniat mengangkat komedo, saya sarankan untuk mengggunakan Biore Pore Pack . saya sudah pernah mencobanya, dan hasilnya cukup bagus.

Sebenarnya saya sangat puas dengan wajah yang cerah setelah pemakaian masker tersebut, Saya harap naturgo bisa mengupgrade produknya agar lebih efektif dalam pengangkatan komedo, mengecilkan pori-pori, menghaluskan kulit dan beberapa manfaat yang dijanjikan naturgo lainnya.

Naturgo bisa dibeli secara online, namun saya membelinya di toko kosmetik dengan harga sekitar 9.000 untuk 1 sachet. Harga bisa berbeda beda disetiap wilayah.





Kenapa Krim Pemutih Menyebabkan Ketergantungan?

Penumpukan sel kulit mati membuat wajah menjadi kusam. Telah beredar produk pemutih yang berfungsi untuk mengangkat sel kulit mati dan mencerahkan wajah. Seperti yang kita tahu, para prdusen kecantikan berlomba meluncurkan produk pemutih dengan iklan yang menggunakan artis cantik yang memang sudah putih dari sananya. yah begitulah..

Tentu saja ada produk pemutih yang bagus dan tidak, yang terkenal dan tidak, yang aman dan tidak. Kita sebagai konsumen harus pintar memilih. Tips memilih produk Pemutih:
1. Pastikan orang terdekat anda pernah mencobanya. dan lihat hasilnya. jika aman dan memberi hasil yang memuaskan, maka jangan ragu untuk memakainya.

2.  Jangan terlalu percaya dengan foto "Before-After" peggunaan produk online shop dimana anda tidak mengenal penjualnya. jika yang menjual adalah teman terpercaya anda. dan teman anda juga memakainya. maka jangan ragu.

3. Coba oleskan terlebih dahulu pada bagian bawah telinga. jika tidak memberikan efek buruk, maka anda bisa menggunakannya. Uji coba mengoleskan pada bagian bawah telinga ini bisa dilakukan di malam haru sebelum tidur.

4. Saya sarankan untuk memakai produk yang diiklankan di TV, karena mereka berani mempromosikan di TV, maka tidak mungkin mereka memberikan bahan berbahaya pada produknya. kalau pun saat anda memakainya dan ternyata ada efek samping yang tidak anda harapkan kemungkinannya ada 3, produk tersebut kadaluarsa, kulit anda tidak cocok, atau anda alergi terhadap salah satu bahan produk tersebut.

5. BPOM. ini cukup penting. Meskipun banyak produk yang tidak berBPOM tapi ternyata tetap aman. Menurut pengalaman, saat saya bekerja di Apotek, Kami menyediakan wadah krim kecil. saat ada orang yang menginginkan krim untuk menghilangkan bekas luka, kami memasukan salep pemutih kedalam wadah krim tersebut. dan memberikannya pada konsumen. Tentu saja dalam wadah krim tersebut tidak terdapat label BPOM. tapi wadah krim tersebut berisikan salep pemutih dengan merk terkenal dan berBPOM. Setidaknya itu yang terjadi di Apotek kami. Tapi agar lebih aman, saya sarankan agar anda memakai produk dengn Label BPOM yang tertera di wadah produk itu sendiri.

Anda sebagai pemakai Krim pemutih pasti tidak asing dengan kata "ketergantungan". Wacana yang mengatakan bahwa krim pemutih tertentu membuat konsumennya ketergantungan. Dimana saat tidak menggunakan krim tersebut, maka wajah akan kembali menjadi gelap, bahkan lebih kusam.

Mari kita pelajari
1. Wajah anda kusam sebelum memakai krim pemutih.
-> Wajah kusam diakibatkan penumukan sel kulit mati.
-> Krim pemutih membantu anda mengangkat sel kulit mati, sehingga wajah anda menjadi cerah.

2. Wajah anda menjadi putih dan cerah.
-> Cara kerja pemutih adalah, dengan mengelupas sel kulit mati. Sedangkan untuk menghilangkan bekas jerawat, Cara kerjanya adalah dengan mengikis sel kult mati, sehingga noda menjadi tersamarkan, dan menahan pembentukan melanin.

3. Saat anda berhenti memakai Pemutih. Wajah Anda menjadi Kusam bahkan terlihat bertambah hitam.
-> Ini terjadi karena sebelumnya anda memiliki wajah cerah dan putih.
-> Tubuh manusia tetap akan bekerja secara alami selama manusia masih hidup. Begitu juga pembentukan sel kulit mati pada wajah. (walaupun anda memakai produk pencerah apapun, tubuh anda akan tetap memproduksi sel kulit mati yang membuat wajah kusam)
-> Sedangkan anda sudah tidak menggunakan peroduk pemutih yang selama ini membantu anda mengangkat sel kulit mati.
-> Terjadi penumpukan sel kulit mati pada wajah anda, yang mengakibatkan wajah anda kusam kembali.
-> Disini anda akan merasa wajah anda semakin hitam karena anda membandingkan wajah anda dengan wajah yang cerah sebelumnya.

Itulah kenapa Salon kecantikan masih tetap laris hingga saat ini. begitu juga perawatan laser yang berguna mengangkat sel kulit mati. Masih saja ada yang datang kembali ke salon kecantikan tersebut walaupun itu perawatan tercanggih. karena apa? karena memang wajah akan kembali kusam jika sel kulit mati tidak diangkat. itu sudah menjadi proses alami tubuh.

Jika sekali pakai saja wajah bisa putih cerah selamanya. lalu bagaimana nasib perusahaan tersebut?
Maka dari itu sangat penting untuk memakai pemutih yang aman. Mau tidak mau anda akan tergantung dengan produk tersebut. Jika anda ingin benar-benar terlepas dari sebuah produk pemutih, namun tetap memiliki wajah cerah ceria, gunakan masker alami sepperti jeruk nipis dan buah buahan lainnya. namun anda harus tetap rutin menggunakannya. dan tentu saja anda akan mengalami cobaan lebih berat lagi saat memakai bahan alami. seperti, rasa malas, dan ketidak praktisan produk tersebut. Tapi anda harus tetap tahan. karena cantik butuh pengorbanan.



Testimoni Pimplex

pimplex
PIMPLEX adalah salep jerawat produksi KONIMEX. meskipun salep ini diproduksi oleh perusahaan terkenal, namun pada kenyataannya, PIMPLEX kurang terkenal dikalangan masyarakat. mungkin karena peluncuran produk ini masih baru.

PIMPLEX mengandung Benzoyle Peroxide. anda pasti tidak asing dengan bahan kima tersebut, karena memang pada dasarnya, benzoyle peroxide adalah obat anti jerawat yang tidak diragukan lagi khasiatnya. Kegunaan obat ini untuk membunuh bakteri, mengurangi inflamasi, dan membantu membuka pori-pori kulit yang tertutup.

Salep Jerawat Pimplex memiliki textur lembut, lengket, berminyak dan berwarna putih.
Saat anda mengoleskan salep pimplex. anda akan merasakan minyak berlebih didaerah anda mengoleskannya. saya sarankan untuk menggunakan pimplex sebelum tidur malam, atau jika di siang hari, pastikan anda tidak keluar dengan obat jerawat pimplex yang menempel di wajah anda.
Saya sarankan untuk menggunakan sunblock saat keluar rumah. untuk melindungi sinar matahari dan kotoran debu polusi. sehingga jerawat anda akan semakin cepat sembuh.
proses penyembuhan jerawat dengan pimplex dimulai dari membuat jerawat matang (berwarna putih, yang akan membuat anda gemas ingn memencet), lalu mengering. anda bisa langsung memencetnya jika mau. tapi jika tidak, jerawat tersebut akan hilang dengan sendirinya. entah karena terkena handuk saat anda mengeringkan wajah, atau saat anda mencuci muka, bisa juga saat anda beraktifitas.

Jika anda memilih untuk memencet, pastikan:
1. Tangan anda telah bersih, dan baru saja dicuci.
2.  yang terpenting, pastkan jerawatnya siap dipencet.
3. pastikan juga, anda tidak meiliki jenis kulit yang mudah bopeng.

Saya pribadi, saat memakai salep pimplex merasa tidak berjodoh. entah ini hanya perasaan saya atau memang jerawat saya malah bermunculan. saya tidak bisa mengatakan bahwa jerawat saya berdatangan karena salep pimplex, karena jerawat bisa muncul karena banyak faktor seperti makanan, begadang, dan hormon.

Namun juga ada yang merasa cocok dengan pimplex. lagi pula, pimplex memiliki bahan dasar yang bagus.

Pimplex bisa anda dapatkan secara bebas di Apotik terdekat. terakhir saya membelinya seharga sekitar 10.000 rupiah. bisa lebih mahal atau lebih murah tergantung ketentuan apotik dan daerahnya.



Apakah Melanox Berbahaya?

testimoni melanox
Melanox adalah krim pemutih produksi PT. Surya Dermato Medica Laboratories (PT. SDM), Berdiri sejak 5 Mei 1982 di provinsi Surabaya, di wilayah timur pulau Jawa, Indonesia. Anda pasti sudah tidak asing dengan produk ini. Produk yang telah lama beredar di pasaran, meskipun banyak orang mengklaim bahwa krim ini berbahaya, Namun banyak orang yang masih menggunakannya. apakah anda merasa aneh setelah membaca kalimat tersebut? saya akan mengajak anda untuk mengetahui lebih lanjut tentang produk melanox ini.

Melanox memiliki kandungan Hidroquinon sebanyak 2%. Hidroquinon adalah obat yang berfungsi sebagai zat pemutih yang paling sering digunakan untuk pengobatan kasus pigmentasi seperti kulit kusam dan flek. Cara kerja Hydroquinon adalah dengan memberikan hambatan terhadap aktivitas enzim tirosinase yang berperan dalam pembentukan pigmen melanin. Selain itu Hydroquinon dapat menyebabkan kerusakan terhadap enzim tirosinase dan sel-sel melanosit (sel penghasil pigmen).

Hidrokuinon BERBEDA dengan Merkuri. Hydroquinon telah jelas bagaimana cara kerjanya pada kasus pigmentasi, efek samping apa saja yang mungkin terjadi dan bagaimana mengatasinya. Namun untuk merkuri, sampai sekarang masih belum jelas bagaimana cara kerjanya, diduga merkuri dapat menyebabkan kerusakan pada sel-sel melanosit secara permanen sehingga memicu terjadinya kanker kulit. Sampai saat ini, penggunaan merkuri untuk pengobatan kasus pigmentasi belum disetujui.

Meskipun banyak beredar informasi bahwa hidroquinon berbahaya, namun kenapa para dokter masih menggunakannya? karena di tangan yang benar, Hydroquinon akan sangat aman dan efektif.

Melanox bukan krim biasa yang baru dikenal. Melanox telah beraa di psaran sejak berathun-tahun lalu, jika melanox tersebut memang berbahaya, pemerintah pasti akan mencabut peredarannya. Contohnya seperti yang dilansir oleh Liputan6.com, Obat batuk Vicks Formula 44 DT, Kemasan: Dus, Botol Plastik 27 ML adalah salah satu obat  yang di tarik peredarannya, karena mengandung Bahan aktif Dekstrometorfan HBr.

Ada beberapa kasus terjadinya iritasi dan rasa panas serta kemeraahan pada wajah saat setelah menggunakaan hidroquion. hal ini terjadi karena efek samping yang diberikan hidroquinon pada kulit sensitif yang sebelumnya belum pernah mengunakannya.

Namun Kasus yang lainnya menyatakan bahwa ia baik-baik saja dalam pengunaan Melanox.
Dapat disimpulkan bahwa melanox akan memberikan efek yang berbeda bagi setiap jenis kulit. anda bisa melakukan tes kecocokan melanox dengan kulit anda, dengan cara mengoleskan melanox pada kulit di bagian bawah telinga. dan sangat disarankan untuk menggunakan sunblock saat pengguna melanox melakukan kegiatan diluar ruangan di siang hari.

Saya juga termasuk pengguna Melanox. Saya menggunakannya untuk menyamarkan bekas jerawat. Meskipun kulit saya terbilang sensitif, namun krim melanox tersebut tidak memberikan efek buruk pada kulit saya. saya hanya menggunakaannya beberapa kali saja dan saya oleskan pada bagian bekas jerawatnya saja. saya tidak menggunakannya dalam jangka waktu yang panjang dan tidak untuk mengoleskannya keseluruh wajah sebagai pemutih. hasilnya lumayan. Noda ersamarkan seperti yang dijanjikan, dan tidak memberi efek negatif apapun.

Selain itu Penggunaan jangka panjang hidrokuinon dapat menyebabkan kerusakan kulit yang disebut dengan ochronosis. Pada fenomena ochronosis ini akan terjadi bentukan warna gelap kebiruan, bentukan garis-garis seperti pisang dan bentukan bulat seperti telur ikan (caviar like). Ochronis ini terjadi jika menggunakan hydroquinon dengan dosis 10-20% atau diatas dosis tersebut dan Penggunaan jangka waktu panjang.

Meskipun Ochronosis baru ditemukan pada orang orang kulit hitam (negro), pada kaukasian dan asia belum ada laporan penelitiannya. Namun harus tetap diwaspadai, apalagi sampai sekarang belum ada bukti pengobatan yang efektif untuk kasus ini. Penggunaan hidrokuinon tidak boleh digunakan dalam waktu lama untuk menghindari resiko terjadinya ochronosis.

Hidrokuinon diduga menyebabkan kanker. Memang benar, pada penelitian terhadap tikus, didapatkan hasil bahwa hidrokuinon memang meningkatkan resiko terjadinya kanker kulit, mungkin akibat penurunan jumlah pigmen melanin yang berfungsi untuk melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar UV. Namun selama 40 tahun digunakan secara topikal (dioles), belum pernah dilaporkan efek karsinogenik pada manusia.

Sebenarnya, penggunaan Hydroquinon dengan kadar 2% masih termasuk kadar yang aman. itulah kenapa banyak orang yang telah menggunakan hydroquinon dan baik baik saja. lagi pula BPOM bukan badan yang main-main dalam pekerjaannya. mereka juga melakukan pemeriksaan sebelum peluncuran produk tersebut.

Saran saya:
1. Gunakan Melanox sesuaai kebutuhan anda. oleskan pada bagian bekas jerawat saja hingga terlihat hailnya. jika telah hilang, anda bisa menghentikan penggunaan produk tersebut.
2. Gunakanlah Sunblock selama proses penggunaan melanox saat anda berada di luar ruangan.
3. Gunakanlah melanox sehari 2x saja. saya sarankan untuk menggunaakannya sebelum tidur.
4. Periksalah keamanan melanox untuk kulit anda dengan mengoleskannya di bawah telinga anda.

Bagaimanapun. segala sesuatu di dunia ini memiliki efek negatif dan positif. Dan segala sesuatu yang berlebihan itu menimbulkan efek yang tidak baik.
Sekarang saatnya anda mengambil keputusan.

Jika anda ingin tahu Kenapa Krim Pemutih menyebabkan Ketergantungan. Baca disini